Beranda > Lifestyle > 10 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

10 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

10 kebiasaan buruk yang dapat merusak otak

Brain (sixthman.net)

MayPesbuk - Otak merupakan salah satu organ vital dalam tubuh kita. Otak yang mengendalikan setiap inchi tubuh kita. Sudah seyogyanya kita menjaga baik-baik harta kita sebagai makhluk yang berpikir. Namun terkadang tanpa sadar kita sebenarnya sedang merusak otak dengan perlahan. Apa sebabnya? Kebiasaan-kebiasaan buruk kita yang bisa dengan sendirinya merusak otak. Berikut 10 kebiasaan buruk yang dapat merusak otak seperti dikutip MayPesbuk dari forum LautanIndonesia :

1. Tidak Sarapan Pagi
Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

2. Makan Terlalu Banyak
Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

3. Merokok
Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

4. Mengkonsumsi gula terlalu banyak
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidak-seimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak

5. Polusi Udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

6. Kurang Tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

7. Menutup kepala saat tidur
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

8. Menggunakan pikiran saat sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.

9. Kurang menstimulasi pikiran
Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

10. Jarang berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

So… tunggu apalagi. Selamatkan otak kita. Jaga baik-baik harta kita yang tak ternilai ini. Bukan orang lain yang bisa menyelamatkan kita, tapi kita sendiri yang dituntut kesadarannya. Bersyukurlah, karena saat anda membaca artikel ini, anda masih diberi kesehatan oleh-Nya. Thank’s for all God, for everything I have

[Source : forum LautanIndonesia.com]

  1. Maret 31, 2014 pukul 2:57 PM | #1

    Greetings, There’s no doubt that your site could
    be having web browser compatibility issues. Whenever I look at your web site in Safari,
    it looks fine however, when opening in IE, it has some overlapping issues.
    I simply wanted to provide you with a quick heads up!
    Besides that, excellent website!

  2. Agustus 9, 2013 pukul 12:52 AM | #2

    Hey there this is kind of of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.
    I’m starting a blog soon but have no coding skills so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

  3. Mei 24, 2013 pukul 2:06 AM | #3

    It is really a nice and helpful piece of information.

    I am glad that you shared this useful information with us.

    Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

  4. April 1, 2013 pukul 5:30 PM | #4

    klau merokok jantan
    klau ndax batino
    maele pria sejati

    by lastry

  5. Wiliam
    November 5, 2012 pukul 12:07 PM | #5

    Merokok paling enak kalau habis makan….
    Kata orang pelemban.
    Lemak jingok wong.
    Gx merokok gx jantan jadi bencong aja……..;-)

  6. Juli 27, 2012 pukul 4:27 PM | #6

    I do not even know the way I stopped up right here, however I believed this put up used
    to be great. I do not understand who you’re however certainly you’re
    going to a famous blogger if you happen to aren’t already. Cheers!

  7. Juli 4, 2012 pukul 2:01 AM | #7

    http://www.lazyrsgold.com | cheaprs2gold, runescape prices, rs2happy,
    gold4rs, runescape, buy rs gold, buy runescape gold, runescape gold,
    rs gold,

  8. Maret 10, 2012 pukul 3:36 PM | #8

    ikhhh, takutt krna aq ska memakai otak berfikir ,d’kala kondisi tubuh ku sudah tidak vit lgy ..

  9. Desember 19, 2011 pukul 4:33 PM | #9

    betul gan

  10. awant
    Oktober 19, 2011 pukul 7:12 PM | #10

    pesbukan juga ngerusak otak. yang tadinya otak bersih jadi otak kotor, yang tadinya otak hakus jadi otak ngeres. gitu kali, ya??!!

  11. September 11, 2011 pukul 12:27 PM | #11

    benar2

  12. September 9, 2011 pukul 12:48 PM | #12

    banyak yang selama ini dilakukan olh kebanyakan orang umum yang tanpa di sadari trnyata merusak otak, thanks share yang sangat bagus dan bermnfaat.
    oh ya saya request dong tips untuk menjadikan otak kita semakin sehat :)

  13. Juni 21, 2011 pukul 8:08 AM | #13

    kurang satu lagi gan,.jangan kebanyakan ngentot….

  14. sinichi damay
    Februari 19, 2011 pukul 1:50 PM | #14

    apa klu pcaran tu jga dpt mrusak krja otak dlm brfikir hal2 positif,, ntah knpa aq mrsa bgtu, soal na stiap org yg pcran psti sbuk dg hubgan mreka, bhkan kdg gk mmikirkan hal lain slain itu,,, bhkn bsa bkin kcnduan, udh ptus ma yg stu psti mncoba mncri lge,, ppestasi dlm blm bljar pun mnrun,,,,, hmm ????

  15. Sri Mulyati
    Desember 5, 2010 pukul 2:49 PM | #15

    waduch bnyak bnr ya…tpi bgs juga tipnya…..izin copas ya..terima ksh seblmnya

  16. Juni 16, 2010 pukul 10:45 AM | #16

    orang yang ga mau mengamalkan agama pastinya sich yg bisa ngerusak otak<bukan di dunia saja tapi juga di akhirat n bukan otak juga tapi sluruh anggota badan n bukan tuk diri sendiri aja tapi mrugikan sluruh makhluk hidup

  17. April 14, 2010 pukul 3:16 AM | #17

    Weleh, banyak banget yah..?

  18. Februari 24, 2010 pukul 12:51 AM | #18

    Kok Kayaknya hampir semua aku lakuin yak, pantesan otak ku ga maju2, hehe….
    Harus di rubah ntu kebiasaan, thanks ya, artikelnya bagus, salam kenal

  19. Sutrisno Tris
    November 28, 2009 pukul 7:12 PM | #19

    Kalau mikirin utang merusak otak nggak ?

    • Mario Teguh
      Desember 13, 2009 pukul 10:23 PM | #20

      Pertanyaan Super!!!!! the great question !!!

  20. KajiNe
    November 20, 2009 pukul 11:02 PM | #21

    Makasih atas infonya.Moga” berguna buat saya yang masih awam soal ilmu-ilmu kek gtu….!!!!

  21. waroengjongkok
    November 16, 2009 pukul 6:57 AM | #22

    waaah kebiasaan diatas semua itu dialalmi semua oleh sebagin besar eksekutif muda jakarta lo….bahaya nii

    • arif
      Agustus 11, 2011 pukul 8:26 AM | #23

      ZA ……………..emang benar sekali

  22. Oktober 31, 2009 pukul 4:28 AM | #24

    amin, trimss infonya

  23. personaledit
    Oktober 28, 2009 pukul 1:55 AM | #25

    nutup kepala pas tidur juga bisa merusak otak?alasannya koq kaya ga logis ya..
    konsentrasi oksigen menurun,konsentrasi karbondioksida meningkat.otak kan ga bernapas.
    mendingan bilang klo kurang udara otak bisa rusak..(sebenernya bukan cuma otak sih yg rusak,semua bagian tubuh juga rusak klo ga ada udara)
    peace.yg lainnya ok koq.

  24. agil
    Oktober 26, 2009 pukul 9:37 AM | #27

    Kalo otak udang tuh apa ya??

  25. bikers
    Oktober 24, 2009 pukul 2:01 PM | #29

    amin…………

  26. Oktober 22, 2009 pukul 7:36 PM | #31

    Hampir semua bisa dilakukan,
    cuman kalo begadang terus-terusan bisa jadi masalahku neh, apalagi kalo dapet project yang lumayan asik. :)

    • Oktober 22, 2009 pukul 7:59 PM | #32

      iya, semuanya memang hal-hal kecil yang bisa dengan mudah kita lakukan. Namun kan suatu hal besar muncul dimulai dari hal yang kecil-kecil yang sering kali kita abaikan.

      tapi kalo uda berhubungan dengan proyek pasti lupa waktu deh, soalnya saya juga begitu. hehe :P

  27. Oktober 22, 2009 pukul 1:33 AM | #33

    wahh tips yang bgs, tp semua sih buat saya gampang dilakukan kecuali merokok hehehehe

    • Oktober 22, 2009 pukul 6:25 PM | #34

      memang susah sih buat berhenti merokok itu, tapi alangkah lebih baik lagi kalo diusahakan. hehe_
      terima kasih untuk kunjungannya…

  1. Oktober 22, 2009 pukul 12:12 AM | #1
  2. Oktober 24, 2009 pukul 12:10 AM | #2
  3. Oktober 25, 2009 pukul 9:50 AM | #3
  4. November 8, 2011 pukul 6:05 PM | #4
  5. Januari 9, 2012 pukul 2:14 AM | #5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: